Kode Wilayah Administrasi Pemerintahan di Indonesia : Blog3

Biasakan diri Anda dengan kode provinsi Jawa Barat dan apa saja syaratnya

Jawa Barat merupakan satu-satunya provinsi yang pertama kali dibentuk oleh zaman penjajahan Belanda, dengan kode provinsi n Jawa Barat, yaitu 32. Namun, berdasarkan UU No. 11 Tahun 1950, provinsi ini berdiri sejak 4 Juli 1950, sejak diakui oleh pemerintah Indonesia. Adapun pusat pemerintahan di Bandung.

Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 35.377,76 kilometer persegi, bahkan hampir mencapai 2% dari luas wilayah Indonesia. Selain itu, provinsi ini juga dikenal sebagai daerah terbesar kedua khusus untuk pulau Jawa, di mana Jawa Timur menduduki peringkat pertama dalam lingkup. Populasinya mencapai lebih dari 50 juta orang.

Jawa  Barat menjadi wilayah terpadat

Perlu Anda ketahui bahwa provinsi Jawa Barat telah menjadi salah satu daerah terpadat di Indonesia dengan kode provinsi Jawa Barat  yang berbeda. Dimana tingkat penduduknya sudah mencapai 50 juta jiwa lebih banyak dari total penduduk di Tanah Air. Pertumbuhan penduduk di Jawa Barat periode 2019 sejauh ini benar-benar meningkat.

Hal ini mengingat banyaknya penduduk setempat yang melakukan urbanisasi di daerah ini. Alasan meningkatnya pergerakan penduduk ke Jawa Barat sendiri beragam, mulai dari kepentingan kerja hingga kondisi lingkungan. Sedangkan daerah dengan jumlah penduduk terkecil yakni kota Banjar sekitar 185 ribu jiwa.

Hampir 80% penduduk Jawa Barat memilih tinggal di perkotaan karena faktor industri. Daerah lain seperti Bogor, Depok, Bekasi dll setidaknya menyumbang 39% dari total populasi Jawa Barat sendiri.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar penduduk Jawa Barat adalah Sundan. Dimana suku ini dikenal sebagai masyarakat adat tanah Jawa di bagian barat ini. Sementara bahasa Jawa lebih umum di wilayah utara Jawa Barat, maka suku Bethavi terutama berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, ada juga suku Batak dan Minang yang juga banyak ditemukan di wilayah Jawa Barat, khususnya daerah perkotaan seperti Bogor, Depok dan Bandung. Sementara populasi Cina juga sering ditemukan di hampir semua daerah di Jawa Barat, mereka sebagian besar lazim.

 

Blog :

  1. lenovoweb.com
  2. isiulangetoll.com
  3. nnindonesia.com
  4. 020note.com
  5. 910sporstwear.com
  6. butikdaurulang.com
  7. cancimenfood.com
  8. capizbalishell.com
  9. captain-lord.com
  10. duniaramen.com
  11. dyandraticket.com
  12. grandorange-kutabeach.com
  13. gsl-sby.com
  14. haiermaxx.com
  15. inilahbean.com
  16. johntefon.com
  17. juwanawaterfantasy.com
  18. kagum-hotels.com
  19. molakidskitchenscience.com
  20. mskabanet.com
  21. my-ideaction.com
  22. narpes32.com
  23. nauherehostel.com
  24. oakleyvaultindonesia.com
  25. oracletradingacademy.com

Sebelum membahas lebih jauh, terkait dengan kode provinsi Jawa Barat, misalnya  kode regional 32.73.02.1005 adalah kode regional desa Seqelois.

Sejauh menyangkut kode etik tersebut, telah menunjukkan informasi dari kode wilayah pemerintah daerah, mulai dari sub-wilayah, kota hingga provinsi, termasuk:

  1. Kecamatan Coblong (kode lokalitas, yaitu 32.73.02)
  2. Kota Bandung (kode lokalitas, yaitu 32.73)
  3. Kode Provinsi Jawa Barat (kode wilayah, yaitu 32)

Sedangkan contoh lain seperti kode area 36.71.07 adalah kode dari distrik Karavachi dengan otoritas lokal yang bertanggung jawab atasnya, yaitu:

  1. Kota Tangerang (kode lokalitas, yaitu 36.71)
  2. Provinsi Banten (kode wilayah, yaitu 36)

Selain itu, ada juga kode penyelesaian 33,74, yaitu kota Semarang, dengan pemerintah daerahnya, yaitu:

  1. Provinsi Jawa Tengah (kode wilayah, yaitu 33)

Perlu Anda ketahui bahwa pemerintah Indonesia melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memperbarui kode daerah setiap satu hingga lima tahun. Di mana caranya dengan menerbitkan Permendagri (Ordonansi Menteri Dalam Negeri) dengan kode dan data daerah yang baru.

Apalagi ketika terjadi pemekaran wilayah atau bahkan sejumlah besar desa, terjadi peralihan desa menjadi desa. Sejauh ini, kode provinsi Permendagri wilayah  Jawa Barat terakhir yang dikeluarkan adalah Permendagri  RI No. 137 Tahun 2017.

Sejak berlakunya Permendagri, Permendagri sebelumnya akan dibatalkan dan dinyatakan tidak sah. Hal ini tertuang dalam Pasal 13 Permendagri Nomor 137 Tahun 2017. Menurut informasi dalam Permendagri terbaru, Indonesia saat ini memiliki:

  1. 34 provinsi
  2. 514 kota/wilayah (98 kota + 416 kabupaten)
  3. 201 subarea/wilayah
  4. 436 desa (8.479 desa + 74.957 desa)
  5. 91 185 kode regional.

Kode provinsi di Jawa Barat

Anda mungkin sudah tidak asing lagi jika mendengar nama Jawa Barat, bukan? Ya, salah satu provinsi di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh penduduk setempat karena keindahan dan kesejukan lingkungan hidup di sana.

Seperti yang kita ketahui, provinsi dengan ibu kotanya di Bandung ini memang dikenal sebagai daerah yang dingin dan sejuk. Selain itu, Bandung sendiri sering disebut sebagai Kota Kembang.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu Bandung dianggap sangat indah dengan banyaknya pohon dan bunga yang bermekaran. Tak hanya itu, dulu, Bandung juga diberi nama Paris van Java karena keindahannya. Perlu Anda ketahui jika kode provinsi Jawa Barat adalah 32.

Sejauh menyangkut kode wilayah, ini dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik provinsi. Dengan kode area ini, Anda bisa lebih mudah melakukan telekomunikasi berdasarkan pengamatan agen transportasi di Indonesia.

Kode wilayah sendiri merupakan urutan angka dan titik yang menampilkan kode wilayah dan data administrasi pemerintahan Indonesia masing-masing wilayah, baik itu dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kota/taksi, bahkan provinsi, serta kode provinsi di Jawa Barat.

Fungsi dari kode etik ini adalah untuk mempercepat dan memudahkan proses pengelolaan wilayah administrasi pemerintahan di Indonesia. Selain itu, perlu anda ketahui apakah kode ini juga dapat menunjukkan level dan ode wilayah pemerintah daerah tempatnya bernaung, seperti kode provinsi Jawa Barat 32.

Ketentuan wajib dari kode provinsi

Berikut pembahasan ketentuan dalam kode provinsi dan kota/kabupaten, antara lain:

  1. Kode wilayah provinsi

Berikut ini adalah ketentuan yang harus diperhitungkan dalam mendefinisikan kode regional provinsi.

  1. Dua digit angka pertama adalah kode wilayah provinsi.
  2. Kode provinsi biasanya didefinisikan sesuai dengan posisi wilayah geografis pulau Indonesia, di mana ini biasanya dimulai dari barat ke timur.
  3. Digit pertama nomor provinsi terletak di:
    1. Pulau Sumatera: ditandai dengan angka 1 atau 2
    2. Java: ditandai dengan angka 3 atau 4
    3. Bali dan Kepulauan Nusa Tengara: ditandai dengan angka 5
    4. Pulau Kalimatan: ditandai dengan angka 6
    5. Pulau Sulawesi: ditandai dengan angka 7
    6. Pulau Maluku: ditandai dengan angka 8
    7. Pulau Nugini: ditandai dengan angka 9

Digit kedua dari kode provinsi biasanya ditentukan sesuai dengan urutan di mana provinsi dibentuk. Seperti yang kita ketahui, kode provinsi Jawa Barat adalah 32.

  1. Kode Kota dan Kabupaten

Selanjutnya, sejumlah ketentuan mengenai kode kota/wilayah diberikan di bawah ini.

  1. Kode kota/kabupaten biasanya 4 digit, dimana angka tersebut terdiri dari kode wilayah provinsi 2 digit, tanda yang digunakan sebagai pemisah, yaitu titik, dan kode kota/kabupaten dua digit.
  2. Dua digit setelah titik pertama adalah kode kota atau kabupaten.
  3. Sedangkan digit pertama angka untuk kode kota adalah dari 7 hingga 9, sedangkan digit pertama angka untuk kode distrik adalah dari 0 hingga 6.
  4. Kode county biasanya dimulai dari angka 01, 02, 03 hingga 69 berdasarkan urutan pembentukan county.
  5. Kode perkotaan biasanya dimulai dari angka 71, 72, 73 hingga 99 berdasarkan urutan pembentukan kota itu sendiri.

Misalnya, kodewilaya h seperti 33.22 adalah kode wilayah untuk Kabupaten Semarang, tepat di provinsi Jawa Tengah (33). Sedangkan kode wilayah  33.74 menunjukkan kode wilayah kota Semarang di provinsi Jawa Tengah (33). Untuk kode  provinsi Jawa Barat sendiri dilambangkan dengan angka 32.