I Nyoman Parta Usulkan Pemilihan Bandesa Adat Sebaiknya Dilakukan Melalui Jalur Musyawarah Mufakat dan Bukan Melalui Voting Seperti Pemilu

lilikbadung, 09 Mar 2019,
Share w.App T.Me

DENPASAR- I Nyoman Parta Ketua DPRD Provinsi Bali mengusulkan bahwa terkait pemilihan bendesa adat di masing-masing desa di Bali sebaiknya dilakukan melalui jalur musyawarah mufakat dan bukan melalui voting seperti halnya pemilu.

 I Nyoman Parta ketika di konfirmasi Jurnalist Indonesia Satu Biro Bali Sabtu (8/3) usai rapat pembahasan Raperda tentang Desa Adat di ruang Baleg lantai II Kantor DPRD Provinsi Bali. “Di desa adat pengambilan keputusannya adalah awig awig dan pararem maka bendesa adat seharusnya tidak dilakukan pemilihan dengan sistem demokrasi barat yaitu dengan melakukan voting,” ujarnya. Dalam rapat yang dihadiri anggota DPRD, Dauh Widjana dan Ngakan Samudra, politisi PDIP ini menyebutkan alasan tentang menekankan agar tidak dilakukannya voting dalam pemilihan Bendesa Adat karena untuk pemiliham Bendesa Adat tidak terdapat peraturan yang mengaturnya.

“Kami di DPRD Bali sudah mendapatkan enam pengaduan yang isinya adalah persoalan persoalan konflik pemilihan bendesa, jika pemilihan kepala desa ada aturannya dan undang undangnya, ada peraturan pemerintahnya, ada peraturan mentri dalam negerinya, ada perdanya, tetapi kalau pemilihan bendesa adat tidak ada peraturannya makannya ketiga terjadi konflik tidak menemukan siapa yang harus menyelesaikannya,” paparnya.

Dari Dewan Bali mengusulkan bahwa sebaiknya ketika pemilihan Bendesa Adat dilakukan dengan cara musyawarah mufakat agar tidak ada konflik kedepannya. “Karena itu kami ingin menawarkan bendesa adat dipilih dengan cara musyawarah mufakat, tidak ada voting di desa adat biar desa adat kita rukun dan tidak ada konflik,” pungkasnya. (GUN).

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu